headerphoto

Kompetisi Sains Madrasah & Expo 2012

Rabu, 23 Mei 2012 13:32:10 - oleh : admin

KSM&Expo

KOMPETISI SAINS MADRASAH DAN EXPO

(Madrasah’s Science Competition and Expo)

Madrasah Education Development Project (MORA-ADB)

Direktorat Pendidikan Madrasah

Direktorat Jenderal Pendidikan Islam

Kementerian Agama RI

Tahun 2012

 

Latar Belakang

 

Kementerian Agama RI melalui berbagai program telah berupaya meningkatkan kualitas madrasah, khususnya dalam pengembangan pengetahuan, keterampilan (skill) dan sikap mental untuk menciptakan regenerasi yang unggul dalam IPTEK dan memiliki akhlakul karimah. Saat ini, terdapat ratusan bahkan lebih madrasah yang telah memiliki sarana pembelajaran yang cukup memadai. Namun harus diakui bahwa pemanfaatan sarana tersebut belum maksimal bahkan mungkin sangat minimal sehingga progam-program tersebut nampaknya belum dapat mendorong madrasah untuk berprestasi sesuai dengan idealisme di balik program-program tersebut. Karena itu, diperlukan upaya yang berkelanjutan untuk mendorong madrasah ke arah yang lebih baik, sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan manusia yang berkualitas dengan pembanguan manusia dan masyarakat Indonesia.

Tagihan terhadap kualitas pendidikan memang tidak dapat secara instan diperoleh dalam waktu singkat. Sebab, sejumlah terobosan program pengembangan pendidikan Islam yang diprakarsai Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, seperti juga pendidikan pada umumnya, adalah sebuah investasi jangka panjang (long term investment) yang setidaknya baru terlihat hasilnya dalam satu atau dua dasawarsa. Namun demikian, mengingat upaya pengembangan pendidikan Islam sudah cukup lama dilakukan, tentu perlu ada alat ukur untuk minimal mengetahui tingkat perkembangan dari serangkaian upaya tersebut.

Perolehan break event point (BEP) terhadap puluhan hingga ratusan milyar anggaran negara yang telah dipergunakan untuk meningkatkan mutu pendidikan Islam secara nasional, khususnya madrasah dalam jangka pendek dapat diketahui dengan alat ukur pencapaian prestasi akademik siswa-siswanya. Penyelenggaraan kompetisi antar siswa madrasah dalam hal ini merupakan momentum untuk mengetahui tingkat keberhasilan dari investasi pendidikan di madrasah-madrasah tersebut, terutama pada bidang sains. 

Sebagai sebuah alat ukur, memang patut disadari kompetisi sains belum memenuhi kaidah penilaian yang ketat. Karena sebuah kompetisi hanya dapat mengukur tingkat pencapaian hasil belajar siswa setidaknya dari sisi kognitif. Sementara pengukuran hasil belajar yang utuh dan menyeluruh tidak hanya memasukkan instrumen penilaian pada tingkat kognisi atau intelektualitas, melainkan juga afeksi (sikap) dan psikomotor (tindakan) dari hasil belajar siswa.

Meskipun demikian, misi di balik penyelenggaraan kompetisi sains ini tidak semata-mata menjadi sebuah alat ukur untuk mengetahui prestasi atau capaian hasil belajar siswa secara kognitif. Ada sejumlah tujuan dan maksud lain yang ingin dicapai melalui penyelenggaraan kegiatan kompetisi sains ini. Salah satu yang paling penting adalah sebagai media pencitraan pendidikan Islam pada tingkat nasional, sehingga mendorong kepedulian dan partisipasi masyarakat terhadap pengembangan dan peningkatan mutu pendidikan Islam di Indonesia. Selain itu, momentum kompetisi juga dimaksudkan untuk menumbuhkembangkan semangat berprestasi terutama di kalangan siswa madrasah. Dengan terciptanya iklim kompetitif di antara madrasah-madrasah, secara multiplier effect dapat membentuk habit dan kultur akademik yang kuat di kalangan siswa.

 

Nama Kegiatan

 

“Madrasah’s Science Competition and Expo MEDP 2012”

 

Tujuan

 

1.        Mengukuhkan komitmen untuk kemajuan madrasah;

2.        Meningkatkan motivasi guru, murid serta masyarakat dalam memajukan madrasah;

3.        Menggugah kembali ghirah keilmuan di kalangan madrasah;

4.        Memacu madrasah untuk mengoptimalkan semua potensi yang ada di madrasah;

5.        Menumbuhkan iklim kompetitif dan berprestasi di madrasah;

6.        Memacu pemanfaatan peralatan laboratorium yang sudah dimiliki madrasah;

7.        Membangun kultur ilmiah/saintifik di madrasah dan lingkungan sekitar;

8.        Meningkatkan mutu pendidikan sains dan teknologi madrasah;

9.        Menumbuhkan daya kreativitas dan inovasi di bidang sains dan teknologi bagi guru dan siswa madrasah;

10.   Mengembangkan sains dan teknologi berdasarkan kebutuhan madrasah atau lingkungan sekitar;

11.   Meningkatkan semangat ilmiah civitas akademika di madrasah; dan

12.   Membangun citra madrasah/pesantren sebagai basis pengembangan intelektualitas, keterampilan, sains dan teknologi.

 

 

Keluaran (Output)

 

Melalui penyelenggaraan “Madrasah’s Science Competition and Expo MEDP 2012” ini diharapkan:

1.        Terjalinnya komunikasi antar madrasah, khususnya antar madrasah MEDP, sehingga terjadi sharing experience antar kepala madrasah dan guru dalam pengembangan madrasah berbasis sains;

2.        Terbangunnya kultur kompetisi yang sehat dan semangat berprestasi bagi siswa-siswa madrasah;

3.        Terpetakannya tingkat capaian Madrasah Development Plan (MDP) bagi madrasah-madrasah MEDP;

4.        Terjalinnya kerjasama antara madrasah-madrasah dengan stakeholders dan pihak lain dari dalam maupun luar negeri, utamanya lembaga internasional yang concern dengan peningkatan mutu pendidikan dan pembangunan sumber daya manusia;

5.        Terpetakannya siswa-siswa potensial dan berprestasi dari madrasah-madrasah se-Indonesia untuk dipersiapkan sebagai peserta Olimpiade Sains Internasional.

 

Ruang Lingkup, Sasaran Peserta, dan Waktu Pelaksanaan

Rangkaian kegiatan “Madrasah’s Science Competition and Expo MEDP 2012” dimulai dari bulan Maret 2012, dan puncaknya dilaksanakan pada bulan Juni 2012. Secara umum, ruang lingkup, sasaran peserta, dan waktu pelaksanaan kegiatan adalah sbb:

No.

Kegiatan

Peserta

Waktu

1

Kompetisi antar siswa, guru dan kepala madrasah binaan MEDP

Kepala Madrasah, Guru, dan Siswa (Rincian terlampir)

April Juni  2012

2

Expo MEDP

(Rincian terlampir)

25 – 29 Juni 2012

*) Rincian jenis lomba, kategori, dan jumlah peserta terlampir.

 

Waktu dan Lokasi Pelaksanaan

 

Tanggal

:

25 - 29 Juni 2012

Lokasi

:

Hotel Harris. Jl. Peta No. 241 Pasir Koja Bandung 40323, Indonesia Telp. +62 22 612 8600 Fax. +62 22 6128601

Hotel Horison. Jl. Pelajar Pejuang ’45 No. 121 Buah Batu Bandung 40264 Indonesia Telp. +62 22 730 5000 Fax. +62 22 730 47111

*) Jadwal pelaksanaan terlampir.

 

Sumber Dana

Sumber pendanaan kegiatan ini adalah:

(1)            DIPA Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Tahun Anggaran 2012

(2)            Sponsorship (jika memungkinkan)

 

Penutup

 

Demikian panduan ini dibuat untuk acuan pelaksanaan kegiatan “Madrasah’s Science Competition and Expo MEDP 2012”.

 

kirim ke teman | versi cetak

Berita "Pengumuman" Lainnya